WHAT'S NEW?
Loading...

Lomba Penulisan Best Practice Pengawas Sekolah dan Guru Jenjang Dikmen



Direktorat pembinaan PTK Dirjen Pendidikan Menengah Kemdikbud mengadakan lomba penulisan best practice.

disadur dari Buku Pedoman Lomba Menulis best Practice dikmen 2015, yang dimaksud dengan Best practice adalah cerita keberhasilan terbaik dari pengawas sekolah dan guru dalam menyelesaikan masalah ketika melaksanakan tugas. Cerita keberhasilan tersebut bukanlah hasil penelitian tindakan kelas (PTK) maupun penelitian tindakan sekolah (PTS).

Sasaran lomba ini adalah pengawas dan guru jenjang menengah syarat ketentuan bisa dibaca di file pedoman lomba penulisan best practice.

Sedangkan aturan penulisan best practice tersebut ialah sebagai berikut :

  1. Bagian Awal terdiri dari halaman judul, lembaran persetujuan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel (bila ada), daftar gambar (bila ada), dan daftar lampiran (bila ada).
  2. Bagian isi diketik maksimal 10 halaman ukuran kertas A4 (Latar belakang maksimal 2 halaman, masalah maksimal 1 halaman, cara menyelesaikan masalah maksimal 4 halaman, simpulan maksimal 1 halaman, dan pelajaran yang diperoleh maksimal 2 halaman)
  3. Bagian Penutup berisi daftar pustaka dan lampiran-lampiran tentang semua data yang dipakai untuk menunjang tulisan ini.
  4. Diketik 1,5 spasi, Font 12 Time New Roman, Margin kiri 4 cm, Kanan 3 cm, Atas 4 cm, dan Bawah 3 cm.
  5. Naskah dijilid rapi dengan sampul soft cover berwarna BIRU untuk pengawas sekolah dan MERAH untuk Guru dan sistematika sesuai dengan Lampiran 1. Semua lampiran, harus dijilid menjadi satu kesatuan dengan laporannya (tidak disajikan secara terpisah).
  6. Sistematik
    1. Latar belakang Berisikan alasan memilih tema/judul tulisan Best Practice 
    2. Masalah Menjelaskan masalah yang dihadapi dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tema/judul
    3. Cara penyelesaian masalah Menguraikan cara atau tahapan yang dilakukan dalam rangka menyelesaikan masalah yang dihadapi
    4. Simpulan dan Rekomendasi Berisikan intisari dari cara penyelesaian masalah yang dilakukan dan hasilnya serta rekomendasi berisikan tindaklanjut perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan kepada yang berkepentingan.
    5. Pelajaran yang diperoleh (Lesson Learned) Berisikan refleksi atas penyelesaian masalah berisikan tindaklanjut dan antisipasi peningkatan kualitas penyelesaian masalah serupa di masa yang akan datang, serta dampaknya terhadap siswa, diri sendiri, teman sejawat, dan pihak-pihak lain yang terkait dengan pendidikan.
    6. Daftar Pustaka (jika ada yang dikutip/menggunakan referensi)

karya tersebur harus segera dikirm ke panitia dengan ketentuan sbb :
Prosedur Pengiriman
Kelengkapan yang harus dikirim kepada panitia:

  1. Laporan tertulis sebanyak 2 (dua) eksemplar dan print-out Power Point.
  2. Naskah sajian (print-out) penyajian yang berupa tayangan Power Point, dengan jumlah slide sekitar 5-7 buah, untuk penyajian disediakan waktu maksimal 15 menit.
  3. CD yang berisi laporan lengkap dalam format MS. Word, dan juga berisi naskah penyajian dalam bentuk PowerPoint.
kemudian kirimkan karya kamu ke


Agar lebih jelas anda baiknya membaca Pedoman Lomba Penulisan Best Pratice
nah kalo mau di tempel disekolah/tempat lain, ada juga pamfletnya

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda