WHAT'S NEW?
Loading...

Kupas Tuntas iPhone / iPad Bypass


Bypass dalam bahasa indonesia dapat bermakna jalan pintas. Lantas apa maksudnya iPhone atau iPad bypass (selanjutnya kita sebut iDevice saja).! Biar lebih jelas, kita kembali ke tahun 2011. Tahun 2011 Apple memperkenalkan layanan suatu layanan yang dinamai iCloud. Layanan ini yang memungkinkan user untuk menyimpan dokumen, foto, dan data lainnya di awan (internet/server apple) serta mengelola iDevice mereka secara online. layanan ini menjadikan iDevice sebagai salahsatu device yang paling secure aman didunia. Ketika kita membeli iDevice, kita akan diminta membuat /login ke akun apple, setelah itu kita baru bisa menggunakan berbagai macam layanan yang tersedia seperti apps store, iMassage, Facetime dll. nah ketika login tadi secara default, fitur FMI (find my iPhone/iPad) akan diaktifkan. ketika aktif. Ketika fitur ini aktif, kita bisa melakukan berbagai macam perintah ke iDevice dari jarak jauh. Misalkan suatu ketika iDevice kita hilang dicuri, maka cukup dengan login ke www.icloud.com/ kita bisa melacak keberadaan iDevice yang hilang itu secara realtime, kita bahkan bisa menandai iDevice tadi sebagai perangkat yang hilang, dan bahkan bisa menghapus semua datanya dari jarak jauh.

Fitur-fitur yang ditawarkan apple melalui layanan iCloud sebetulnya juga mulai ada di beberapa handphone pesaing, lalu apa spesialnya iCloud? iCloud spesial karena ekosistem apple yang tertutup membuat setiap iDevice yang telah diaktifkan iCloudnya bisa dibilang sangat tidak mungkin dibobol.

Ketika misalkan kita menemukan sebuah iDevice dijalan entah punya siapa dalam posisi terkunci bisa itu dengan passcode atau fingerprint. Agar passcode / fingerprintnya hilang cara yang paling mudah adalah reset saja iDevicenya. di HP merek lain, ketikda direset pabrik, semuanya akan hilang, kembali seperti HP baru. tapi tidak dengan iDevice. iDevice yang iCloudnya aktif (Status FMI On), meskipun direset, ketika dihidupkan kembali, ia akan tertahan (stuck) di iCloud Activation Lock, dan hanya bisa dibuka oleh orang yang mengetahui Apple ID dan Passwordnya. Jika tidak, iDevice tidak bisa digunakan untuk apapun.


iCloud menjamin semua data pengguna di iDevice aman, bahkan ketika dicuripun pencuri tidak akan dapat menggunakan iDevice kita karena akan mentok di Activation Lock. Sayangnya seperti yang kita ketahui, manusia seringkali pelupa, banyak pengguna apple device lupa dengan apple IDnya atau passwordnya, hal ini seringkali menjadi momok, sehingga tidak jarang ditemui banyak iDevice dijual dalam posisi iCloud Terkunci. Akun iCloud sebetulnya bisa direset dengan mendatangi Apple Store, namun kita harus memiliki bukti pembelian yang sah, dan iDevice haruslah device yang dijual resmi oleh apple indonesia.

Sekarang sudah paham kan apa itu iCloud serta fungsi-sungsinya? nah bypass yang kita bahasa pada tulisan ini tidak lain adalah bypass iCloud. Bypass adalah beragam teknik yang digunakan untuk melewati Activation Lock, sehingga iDevice kembali bisa digunakan seperti sediakala.

Bypass pada iDevice biasanya memanfaatkan bug-bug tertentu yang ada pada software / sistem operasi iDevice. Ada pula bypass yang dilakukan dengan cara memodifikasi perangkat keras yang ada pada iDevice, misalkan dengan cara mencabut model GSM. Teknik-teknik bypass selalu berkembang dari tahun ketahun, karena memang Apple juga secara berkala pasti menambal bug-bug yang memungkinkan bypass terhadap Activation Lock.

iDevice yang dibypass tentu tidak bisa disamakan dengan iDevice yang normal. iDevice yang dibypass biasanya memiliki berbagai macam keterbatasan misalnya tidak bisa menggunakan layanan iCloud (iMassage, iCloud dll), tidak bisa menggunakan fingerprint, ada yang tidak bisa menggunakan layanan internet 4G, bahkan ada yang tidak bisa melakukan screenshot layar. Namun bypass seringkali menjadikan pilihan paling rasional ketimbang iDevice tidak bisa dipakai sama sekali dan hanya menjadi barang rongsokan.

Umumnya iDevice yang lupa akun iCloudnya hanya berakhir pada dua kemungkinan yakni dipretesi dan dijadikan spartpart oleh tukang service atau dibypass dan digunakan kembali tentunya beberapa fitur yang mati.

bypass Activation Lock dilakukan hampir pada semua perangkat apple mulai dari iPhone, iPad, iPod , iWatch hingga macbook. Namun diantara semua device tersebut, iPhone, iPad dan iPod merupakan pernagkat yang paling sering dibypass Activation Lock, karena jumlah produk yang beredar dipasar paling banyak.

Apakah layak membeli iPhone / iPad Bypass!

Sebaiknya iPhone / iPad bypass dihindari saja bila anda tidak memiliki pengetahuan dasar yang cukup mengenai komputer dan teknologinya. Artinya jika anda orang awam atau bahkan tidak punya komputer dirumah baiknya jauhi saja iDevice bekas bypass.

Namun jika ada memiliki pengetahuan dasar yang cukup mengenai komputer dan atau memiliki komputer dirumah, iDevice bekas bypass sebetulnya bisa menjadi device alternatif ketika anda ingin merasakan ekosistem apple dengan harga yang bisa dibilang murah, sebab umumnya iDevice bypassan dijual dengan harga yang jauh lebih rendah dari harga pasaran dan tidak jarang kondisinya sangat mulus.

Apa yang menarik dari  iPhone / iPad Bypass!

iPhone bypass

iPhone bypass bisa menjadi device yang difunsikan sebagai musik & video player layaknya iPod touch, jadi ketimbang beli iPod touch yang harganya mahal, bisa pilih iPhone bypass. atau bisa juga dijadikan device khusus untuk gaming, kita tau kalau buat main game apple device biasanya mulus.

iPad bypass

iPad bypass sebetulnya bisa jadi alternatif menarik. Kenapa? karena kebanyakan iPad yg dibypass pasti kehilangan fitur SIM CARD / Internet 4G dan itu sebetulnya tidak masalah bagi iPad, karena aslinya pun iPad ada yang wifi only, dan karena ini iPad, yang seringkali lebih jarang dibawa-bawa, sehingga tidak begitu membutuhkan SIM CARD. Alasan-asalan itu membuat iPad bypass menjadi pilihan yang cukup layak dipakai.

iPhone / iPad Bypass ditahun 2020

Teknik-teknik bypass activation lock / icloud selalu berubah-ubah, sebagian besar bergantung pada teknik jailbreak yang bisa dilakukan. Karena jailbreaklah yang memungkinkan modifikasi tertentu pada software iDevice yang pada akhirnya bisa membypass activation lock / icloud. Akhir tahun 2019 menjadi masa-masa yang menarik, karena Checkm8 exploit yang diklaim sebagai bug yang memungkinkan iDevice dijailbreak secara permanent. Hal itu membuka jalan pada dikembangkannya teknik-teknik bypass bypass activation yang lebih menyeluruh. Sehingga di tahun 2020 bahkan telah ada yang merelease layanan bypass icloud premium yang mampu membuat iPhone bypass berfungsi 99% sama seperti iPhone normal, dan tentu saja ada pula yang mampu membuat iPad berfungsi 90% seperti iPad normal. Teknik-teknik ini membuat pasar iDevice bekas (iPad dan iPhone) sedikit bergerak, dimana ditahun-tahun sebelumnya cerita lama banyak iDevice lupa icloud dijual sebagai perangkat bahan kanibalan dengan harga yang sangat rendah, tidak lagi berlaku. Tahun 2020 ini banyak diantara device tersebut dijual dengan harga yang lebih baik (dibanding device kanibalan) sebagai perangkat bypass yang siap digunakan kembali, dengan syarat tertentu.

Kesimpulan
iPhone dan iPad dapat menjadi salahsatu alternatif yang cukup baik, bila anda berkaca pada kondisi tahun 2020 (Tahun 2021 akan diupdate)  dan bila anda memiliki pengetahuan yang cukup tentang dunia komputer. Namun bagaimanapun iDevice terbaik urutan pertama adalah iDevice Baru Bergaransi Resmi, Baru kemudian iDevice Bekas, dan terakhir iDevice bypassan.
Segala akibat dari keputusan yang ada ambil setelah membaca tulisan ini adalah tanggung jawab individu masing-masing. Segala hal yang tertulis di laman ini disarikan dari berbagai sumber dan dikombinasikan dengan pengalaman. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda